Kamis, 21 Juni 2012

Tugas Artikel Kimia


Nama: Dwi P. Haryanti
NPM: 0371 11 435
PGSD  2/H

 
Pengaruh Minat Baca Masyarakat Terhadap
Bahan Makanan Yang Mengandung Zat Kimia
            Berawal dari sebuah tugas hingga tersadarkan akan pentingnya pengetahuan terhadap sesuatu apapun, saya merasa menarik untuk sedikit mengulas tentang bahaya zat kimia yang terkandung dalam makanan yang sering kita jumpai sehari-hari. Serta saya menghubungkannya dengan pengaruh minat baca masyarakat. Sebenarnya kaitan antara minat baca dengan bahan makanan yang mengandung zat kimia terletak antara pengetahuan dan penggunaan. Apabila masyarakat dalam minat bacanya tinggi, sudah pasti mereka tidak mudah terpengaruh oleh makanan-makanan diluar sana yang memang sebetulnya menggiurkan namun sangat berbahaya dan mengancam kesehatan tubuh kita. Dengan mengetahui dampak dari kandungan zat kimia yang bersembunyi dibalik makanan lezat tersebut, sudah pasti masyarakat enggan mengkonsumsinya meskipun terlihat enak dan sangat menarik, maka sudah pasti pula masyarakat yang pengetahuannya luas tidak akan menggunakan bahan makananan seperti MSG, boraks, rhodamin B, methanyl yellow, sakarin, siklamat, dan sebagainya.
            Bahaya zat-zat kimia tersebut mungkin memang tidak akan terlihat dalam waktu singkat, namun dampaknya dapat dirasakan setelah beberapa tahun kedepan apabila secara terus menerus kita mengkonsumsinya. Tanpa kita sadari, sebenarnya banyak sekali dalam setiap harinya sebuah makanan dengan bahan-bahan zat kimia yang berbahaya menjemput ajal kita. Kita makan untuk memenuhi kebutuhan akan rasa lapar kita dan tentunya untuk menjadikan tubuh kita sehat, namun apabila kita tidak cermat memilih makanan yang akan kita konsumsi, bukan tubuh sehat yang kita dapatkan bahkan sebaliknya, tubuh kita akan dihuni oleh berbagai macam virus yang dapat mematikan.
            Contoh kecil bahaya bahan makanan yang mengandung zat kimia tersebut misalnya pada boraks dalam pembuatan lontong atau bubur. Mayoritas pedagang nakal diluar sana sangat pandai sekali mengambil untung tanpa mempertanggungjawabkan akan keselamatan si konsumen yang mengkonsumsinya. Lontong atau bubur memang akan terlihat kenyal atau putih dan tidak mudah basi itu karena penggunaan boraks atau pijer atau orang juga sering mengenalnya dengan sebutan bleng yang penggunaannya melebihi takaran. Dipandang sebelah mata memang menarik, namun tahukah apa dampak yang akan terjadi pada tubuh kita apabila secara perlahan kita mengkonsumsinya terus-menerus?
            Apakah yang anda ketahui tentang boraks? Boraks adalah senyawa berbentuk kristal putih tidak berbau dan stabil pada suhu dan tekanan normal. Boraks merupakan senyawa kimia dengan nama natrium tetraborat (NaB4O710H20). Jika larut dalam air akan menjadi hidroksida dan asam borat (H3BO3). Bahan ini digunakan untuk pembuatan deterjen. Sungguh sangat mengenaskan bukan? Dampak yang akan terjadi adalah kerusakan pada hati, kanker, komplikasi bahkan kematian. Adapun zat kimia yang sering dikonsumsi oleh khalayak ramai adalah MSG. Monosodium glutamat (MSG) atau vetsin adalah penyedap masakan dan sangat populer di kalangan para ibu rumah tangga, warung nasi dan rumah makan. Hampir setiap jenis makanan masa kini dari mulai camilan untuk anak-anak seperti chiki dan sejenisnya, mie bakso, masakan cina sampai makanan tradisional sayur asam, lodeh dan bahkan sebagian masakan padang sudah dibubuhi MSG atau vetsin. Dampak yang akan terjadi apabila terus menerus mengkonsumsi zat tersebut adalah kerusakan pada sel otak yang akan menyebabkan degenerasi dan nekrosi sel-sel neuron, degenerasi dan nekrosis sel-sel syaraf lapisan dalam retina, menyebabkan mutasi sel, mengakibatkan kanker kolon dan hati, kanker ginjal, kanker otak dan merusak jaringan lemak.

            Pada era globalisasi ini, sudah sangat tidak memungkinkan apabila kita tidak dapat menerima perubahan-perubahan yang terjadi. Untuk itu kita sangat perlu sekali untuk memperluas pengetahuan terutama dalam menumbuhkan minat baca kita agar kita dapat dengan mudah menyaring perubahan-perubahan yang ada. Selamatkan keluarga kita dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, dengan menumbuhkan minat baca kita, dengan mudah kita dapat memilih dan memilah makanan apa yang patut untuk kita konsumsi agar kita selalu mempunyai jiwa dan raga yang sehat sehingga dapat menyadarkan oknum yang secara perlahan ingin merenggut jiwa kita.
            Tingkatkanlah minat baca, perluaslah wawasan, bersatulah membuat perubahan untuk hidup sehat yang lebih bermakna. Sadarkan oknum-oknum yang secara kasat mata meracuni tubuh kita. Tingkatkan minat baca, hilangkan zat kimia berbahaya dalam tubuh kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar